Beasiswa Master dan Doktoral KAUST 2015/2016

Sekilas Tentang KAUST

KAUST atau King Abdullah University of Science and Technology merupakan salah satu universitas di Arab Saudi yang menawarkan beasiswa untuk jenjang master dan doktor. Uniknya, KAUST ini memang diperuntukkan bagi post graduate, tidak ada jenjang S1 atau sarjana di universitas ini. Kampus KAUST berada di kota Thuwal, provinsi Mekkah, sekitar 90 km di utara kota Jeddah. KAUST secara resmi dibuka pada 23 September 2009. KAUST memiliki dana abadi terbesar kedua di dunia setelah Universitas Harvard. Dana pendiriannya sekitar 20 milyar dollar AS. Meskipun berada di Arab Saudi tetapi bahasa pengantar di KAUST adalah bahasa Inggris.

Beasiswa KAUST

Beasiswa S2/S3 KAUST (fellowship)

KAUST memberikan paket beasiswa bagi mereka yang diterima program master dan PhD. Berikut adalah fasilitas yang diberikan kepada para penerima beasiswa:
  • Uang saku

    • Mahasiswa doktor/PhD (S3) mendapat uang saku sebesar USD 25000/tahun. Uang saku ini kemudian naik menjadi USD 30000/tahun setelah anda lulus ujian kualifikasi, proposal atau kandidat doktoral (PhD)

    • Mahasiswa master/MS (S2) mendapat uang saku sebesar USD 20000/tahun
  • Tempat tinggal (apartemen/rumah)

    • Di dalam apartemen/rumah disediakan tempat tidur, lemari pakaian, meja belajar/kerja, TV, internet, AC, kamar mandi dalam, kulkas, microwave, mesin cuci, mesin pengering pakaian. Tempat tinggal terdiri dari dua lantai. Lantai 1 untuk ruang tamu, dapur, tempat cuci dan kamar mandi bawah. Lantai atas untuk tempat tidur, kamar mandi atas dan ruang kerja. Ada semacam vide untuk melihat langsung lantai 1 dari lantai 2.
  • Asuransi kesehatan

    • Penerima beasiswa secara otomatis didaftarkan sebagai anggota BUPA (asuransi kesehatan Saudi) dan dibayar penuh preminya oleh KAUST. Ini berlaku untuk penerima beasiswa dan anggota keluarga yang mendampingi

  • Tiket pesawat pulang-pergi ke Indonesia (atau negara lain) satu kali setiap tahun
Keuntungan non-materi di KAUST
  • Memiliki kesempatan melakukan riset dengan para profesor kelas dunia, berkolaborasi riset dengan perusahaan besar dunia seperti Saudi Aramco, Boeing, Sabic, Schlumberger, serta akses menggunakan fasilitas riset yang mutakhir. Dengar 20 milyar dollar hasil dari sumbangan Raja Abdullah, kampus ini sangat menggiurkan bagi banyak profesor ternama karena renumerasinya tinggi dan fasilitas-fasilitas riset yang mahal.

  • Bagi mahasiswa muslim, berkesempatan mengunjungi tempat-tempat suci seperti Makkah dan Madinah. KAUST menyediakan layanan bus secara gratis untuk mengunjungi tempat tersebut bagi yang ingin melaksanan ibadah umrah dan ziarah di kota Madinah.

  • Lingkungan hidup berbahasa Inggris. Di sini bisa berlatih dan semakin menyempurnakan bahasa Inggris. Tidak diwajibkan bisa berbahasa Arab di KAUST.
Persyaratan akademik untuk kuliah S2/S3 di KAUST
  • IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). KAUST TIDAK menentukan batas IPK minimum bagi calon mahasiswa S2/S3.
  • Kemampuan Bahasa Inggris. KAUST mensyaratkan nilai minimum TOEFL IBT 79, nilai minimum IELTS 6. Hanya TOEFL iBT atau IELTS resmi yang diterima (yang harganya sekitar 150-an USD), bukan TOEFL prediction atau institution.
  • GRE (Graduate Record Examination). KAUST sangat menganjurkan pendaftar untuk menyertakan nilai GRE, tetapi tidak diharuskan.
  • Transkrip S1 dan/atau S2. Hasil scan dari transkrip S1 dan S2 diupload ke sistem aplikasi online. Setelah dinyatakan diterima oleh KAUST, hardcopy transkrip harus dikirim langsung ke KAUST oleh kampus yang mengeluarkan transkrip.

  • Statement of Purpose. Mengumpulkan Statement of Purpose yang isinya motivasi, persiapan, riset yang diminati, dan rencana masa depan. Intinya harus bisa meyakinkan KAUST mengapa mereka harus memilih anda sebagai penerima beasiswa.

  • Surat Rekomendasi. Surat rekomendasi dari 3 dosen/professor yang pernah membimbing/bekerjasama/mengenal anda. Isinya untuk menjelaskan tentang kepribadian kamu, keahlian kamu, prestasi kamu, segala keterangan yang bisa meyakinkan pihak KAUST bahwa kamu adalah kandidat yang tepat. Suratnya hanya perlu disubmit online, jadi tidak perlu dikirim melalui pos.

Siapa saja yang boleh mendaftar? (Eligibility)

Pada dasarnya semua orang yang memenuhi syarat-syarat diatas, boleh saja mendaftar. Namun, karena lokasi kampus KAUST yang terletak di negara Arab Saudi yang identik dengan Islam, berikut akan ditekankan beberapa hal tentang siapa saja yang boleh mendafatar:
  • Siapa saja boleh mendaftar, baik Muslim maupun Non-muslim. Tidak akan ada permasalahan agama pada kampus ini. FYI, lebih dari 50 persen kampus ini dipenuhi oleh warga Bule dari Eropa, Amerika, Meksiko, India, Filipina, dan Cina. Jadi bisa dipastikan tidak akan ada permasalahan agama apalagi dipaksa untuk pindah memeluk suatu agama tertentu. Sampai saat ini, ada 3 mahasiswa Indonesia non-muslim dan telah lulus dari KAUST

  • Laki-laki dan perempuan mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat diterima. Penting untuk diketahui, wanita tidak harus/tidak perlu didampingi Mahramnya sewaktu kuliah disini (Tidak harus menikah dahulu atau membawa suami).

  • Tidak ada perbedaan kesempatan antara calon mahasiswa yang belum atau sudah berkeluarga. Bahkan, untuk mahasiswa yang sudah berkeluarga dan ingin membawa keluarganya akan diberikan fasilitas lebih, seperti rumah tinggal yang lebih besar dan tiket pesawat pulang pergi yang juga mengcover tiket pesawat untuk anak dan istri/suami.

Bagaimana cara daftarnya?

Pada prinsipnya, proses pendaftaran dimulai dengan pencarian calon profesor pembimbing S2/S3 kita. Biasanya calon mahasiswa memulai perburuannya dengan browsing website KAUST dan melihat lihat profil profesor yang memiliki bidang penelitian yang cocok dengan minat dan latar belakang penelitian calon mahasiswa.

Ketika sudah menemukan calon profesornya, langsung aja hubungi beliau yaitu kirim email dan tanya apakah beliau tertarik untuk merekrut murid baru

Selanjutnya, biasanya setelah profesor balas email, mereka akan minta untuk mengatur jadwal interview. Kalau mereka tertarik dengan anda, mereka akan minta anda untuk daftar online.

Batas Akhir Pendaftaran (Application Deadline)

Normalnya, untuk yang ingin memulai kuliah pada Januari, deadline pendaftaran ialah pada 1 November (hanya dibuka untuk Program PhD/S3). Untuk yang ingin memulai kuliah pada September, deadline pendaftaran pada 15 January (terbuka untuk Master dan PhD). Pengumuman berkisar sekitar 2 atau 3 bulan setelah deadline pendaftaran.

Untuk periode Fall 2015, batas akhir pendaftarana dalah tanggal 1 Januari 2015. Silakan kunjungi langsung websitenya di sini http://www.kaust.edu.sa/application-form-kaust.html

Sumber : kaustina.org

Comments

  1. So very good your information,,I'm so interesting,,I want to join,
    thank u for you information

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menghitung Konsumsi Bahan Bakar Mobil Timor DOHC 1998

Menghitung Konsumsi BBM Mobil Daihatsu Taruna

Obyek Wisata Giri Tirta Kahuripan Purwakarta