Obyek Wisata Pantai Kuwaru Yogyakarta

Pantai Kuwaru merupakan salah satu obyek wisata pantai di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara geografis, pantai ini Kuwaru terletak di wilayah dusun Kuwaru Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, kabupaten Bantul atau sekitar 29 km dari kota Yogyakarta.

Akses Menuju Pantai Kuwaru Jogja

Rute ke pantai ini cukup mudah, dari kota Jogja menuju Jalan Bantul. Lalu dari Jalan Bantul lurus ke selatan sampai ketemu perempatan Palbapang lalu belok kanan(ke barat), lurus terus  maka akan bertemu jembatan Kali Progo. Tepat sebelum jembatan Kali Progo berbelok ke arah selatan (kiri) terus sampai ketemu plang petunjuk jika ke kiri kearah Pantai Kuwaru dan ke kanan kearah Pantai Baru, ambil yang arah kiri. Kira-kira 10 menit anda akan sampai di pantai Kuwaru.

Jika telah sampai pada plang tersebut, akses jalan menuju pantai cukup bagus (aspal) namun tidak terlalu lebar, sehingga agak kesulitan bagi yang menggunakan bus besar. Kanan kiri jalan adalah hamparan sawah, karena meskipun dekat pantai, banyak penduduk yang berprofesi sebagai petani.

Image result for pantai kuwaru

Keindahan Area Pantai

Area pantai Kuwaru merupakan kawasan yang rindang dengan banyak pepohonan cemara hasil penghijauan masyarakat sekitar. Wisatawan bisa menikmati semilirnya hembusan angin pantai di bawah rindangnya pohon cemara sambil menyantap ikan bakar atau es buah. Di pantai Kuwaru memang banyak warung yang menawarkan aneka menu hidangan dan kuliner ikan laut dengan berbagai jenis bumbu. Kita bisa menikmati ikan dalam rasa asam manis, goreng tepug, saus tiram, ikan bakar, lombok ijo, balado, dan lain-lain.

Image result for pantai kuwaru


Di pantai Kuwaru juga tersedia fasilitas penyewaan ATV (All Terrain Vehicle) untuk berkeliling area pantai. Untuk harga sewa ATV sendiri kita cukup membayar Rp 25.0000,00 per 15 menit dengan kapasitas penumpang maksimal per ATV untuk dua orang dewasa dan satu anak kecil. Fasilitas pendukung lainnya tersedia toilet, kamar mandi, mushalla, dan kolam renang. Khusus untuk kolam renang, dibuka dari pagi hingga sore hari. Biasanya banyak dipakai oleh pengunjung yang membawa anak-anak kecil. Tariff kolam renang cukup murah, hanya Rp 5000 per orang.

Berlibur ke pantai memang menyenangkan, namun kami berpesan : Jagalah keindahan dan kebersihan pantai, dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Kalau bukan kita yang menjaga pantai, siapa lagi …

Video terkait :


Comments

Popular posts from this blog

Menghitung Konsumsi Bahan Bakar Mobil Timor DOHC 1998

Menghitung Konsumsi BBM Mobil Daihatsu Taruna

Obyek Wisata Giri Tirta Kahuripan Purwakarta