Obyek Wisata Pantai Pandansimo Baru Yogyakarta

Pantai merupakan tempat tujuan wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Terlebih lagi dikala liburan, obyek wisata pantai biasanya sangat ramai dikunjungi. Apalagi jika pantainya merupakan pantai yang bagus dan eksotis, pasti banyak yang berkunjung.

Salah satu obyek wisata pantai di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah pantai Pandansimo Baru. Loh, kok baru? Memangnya ada yang lama? Iya, pantai Pandansimo Baru atau sering hanya disebut dengan Pantai Baru ini letaknya bersebelahan dengan pantai Pandansimo lama dan pantai Kuwaru. Jadi pantai Baru ini posisinya diapit oleh kedua pantai tersebut. Lokasi tepatnya adalah di desa Ngentak, kecamatan Srandakan, kabupaten Bantul.


Image result for pantai pandansimo baru

Dahulu Pantai Pandansimo Baru hanyalah berupa lahan pasir yang berdiri diatasnya beberapa rumah nelayan dan tempat pelelangan ikan (TPI), namun setelah dikembangkan swadaya oleh masyarakat pantai ini berubah 180 derajat menjadi tempat wisata pilihan di kota Jogjakarta. Di atas lahan pasir ini telah berdiri puluhan kios-kios kuliner khas pantai yang tertata rapi berjajar dari timur ke arah barat, selain itu terdapat pula depot-depot ikan yang siap melayani para pelancong yang bertandang ke pantai ini. Di deretan sebelah utara-pun berjejeran tempat hiburan kolam renang bagi anak serta dewasa.

Di pantai ini juga tersedia ATV (All Terrain Vehicle) yang bisa disewa untuk berkeliling pantai bersama keluarga. Suasana di pantai cukup adem dan semilir, karena di sepanjang pantai tumbuh subur dan rindang pohon cemara. Pengunjung g bisa bersantai dengan menggelar tikar di bawah pohon.

Image result for pantai pandansimo baru


Satu hal lagi yang menarik, di pantai ini terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (Angin dan Surya). Jadi kebutuhan energi listrik untuk nelayan di area pantai Baru disuplai oleh pembangkit tersebut. Contohnya untuk penerangan, membuat es batu dsb.

Jika anda ingin berlibur ke pantai baru, rutenya tidak sulit kok. Dari Jalan Bantul lurus ke selatan sampai ketemu perempatan Palbapang lalu belok kanan(ke barat), lurus terus  maka akan bertemu jembatan Kali Progo. Tepat sebelum jembatan Kali Progo berbelok ke arah selatan (kiri) terus sampai ketemu plang petunjuk jika ke kiri kearah Pantai Kuwaru dan ke kanan kearah Pantai Baru alias Pantai Pandansimo Baru, ambil yang arah kanan. Kira-kira 10 menit anda akan sampai di pantai Baru.

Demikian, semoga bisa menjadi bahan referensi liburan anda…

Video terkait:


Foto terkait:

Image result for pantai pandansimo baru
Image result for pantai pandansimo baru

Comments

  1. […] (kiri) terus sampai ketemu plang petunjuk jika ke kiri kearah Pantai Kuwaru dan ke kanan kearah Pantai Baru, ambil yang arah kiri. Kira-kira 10 menit anda akan sampai di pantai […]

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menghitung Konsumsi Bahan Bakar Mobil Timor DOHC 1998

Menghitung Konsumsi BBM Mobil Daihatsu Taruna

Obyek Wisata Giri Tirta Kahuripan Purwakarta