Membayar Pajak PBB Kabupaten Bekasi Tahun 2013

PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan merupakan pajak dari obyek pajak berupa tanah atau bangunan yang harus dibayar oleh wajib pajak setiap satu tahun sekali. Pada periode waktu pembayaran pajak PBB tersebut, wajib pajak akan diberi SPPT lewat desa/kelurahan yang biasanya diteruskan ke RW dan RT. SPPT atau Surat Pemberitahuan Pajak Terutang adalah surat yang digunakan untuk memberitahukan besarnya Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan yang terutang kepada Wajib Pajak.

Pada tahun-tahun sebelumnya (sebelum 2013) pembayaran pajak PBB bisa dilakukan di banyak bank, baik milik pemerintah maupun swasta, seperti BNI, Bank Mandiri, BCA dll. Pembayaran bisa dilakukan via ATM atau via internet banking. Namun pada tahun ini (2013) tampaknya hal itu sudah tidak bisa dilakukan. Saya sendiri cukup dibuat kaget ketika akan melakukan pembayaran pajak PBB via internet banking BNI, karena fitur pembayaran pajak PBB sudah tidak ada lagi di menu-nya. Selidik punya selidik, ternyata pembayaran pajak PBB tahun 2013 untuk kabupaten Bekasi harus melalui Bank Jabar Banten (BJB), dan ini sebenarnya juga tertulis di SPPT. Agak aneh juga sih, mau bayar pajak bukannya semakin mudah eeh malah semakin sulit. Tapi sebagai warga Negara yang baik, bagaimanapun juga kita harus tetap melaksanakan salah satu kewajiban tersebut.

Akhirnya pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2013, saya berangkat ke BJB KCP Babelan (karena saya tinggalnya di area kecamatan Babelan) untuk membayar pajak PBB. Mungkin karena masih pagi, sekitar jam 8, jadi tidak ada antrian sama sekali. Dan tidak sampai 5 menit sudah beres semuanya. Sebagai bukti lunas pembayaran pajak PBB, saya diberi STTS (Surat Tanda Terima Setoran) Bank BJB. Oya bagi sobat yang akan membayar PBB di BJB KCP Babelan juga, ini alamatnya Jalan Raya Babelan Km. 3 RT 01/01 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Jangan sampai telat bayar pajaknya ya, jatuh tempo pembayaran pajak PBB tahun 2013 adalah 31 Agustus 2013.

============================================================================

Update : Sekarang (tahun 2015) membayar pajak PBB sudah bisa menggunakan internet banking kembali. Jadi lebih praktis, tidak perlu pergi ke bank...

Comments

  1. Akhirnya terjawab sudah, kenapa saya di tahun 2013 lalu tidak bisa bayar PBB Jatimulya Bekasi via ATM BJB di batam. Rupanya harus bayar langsung di BJB Cabang2 Cikarang.
    Terimakasih atas infonya.

    Oh ya, kalau tidak merepotkan, saya boleh minta tolong sama bapak untuk membayarkan PBB saya (2013 dan 2014)? Saya ada rumah 2 kapling di Jatimulya - Bekasi timur.

    ReplyDelete
  2. Tanya dunk
    1. Apakah semuanya untuk daerah bekasi untuk pembyaran PBB pindah ke sini Cikarang
    2. Saya telat dari tahun 2006 bayar ke mana
    3. Bisa minta no telepon kantor nya ndak

    ReplyDelete
  3. semakin gampang sekarang bayar pbb yah
    bahkan bisa bayar online

    ReplyDelete
  4. Semoga semakin mudah..masak mau melaksanakan kewajiban malah dipersulit..mestinya semakin dipermudah.

    ReplyDelete
  5. informasi menarik
    sekarang sudah bisa online pbb
    terima kasih infonya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menghitung Konsumsi Bahan Bakar Mobil Timor DOHC 1998

Menghitung Konsumsi BBM Mobil Daihatsu Taruna

Obyek Wisata Giri Tirta Kahuripan Purwakarta