Menghitung Konsumsi Bahan Bakar Mobil Timor DOHC 1998


Mobil Timor



Kali ini saya ingin sharing tentang perkiraan konsumsi bahan bakar mobil Timor DOHC. Beberapa waktu yang lalu, ada acara rekreasi ke Bandung, tepatnya ke Kampung Gajah Wonderland. Kesempatan tersebut saya manfaatkan untuk mengukur konsumsi bahan bakar mobil Timor saya.

Spesifikasi mobil Timor yang saya gunakan:
  • Merk/Type                   : Timor/S515i

  • Isi Silinder                    : 1498 cc

  • Tipe Mesin                   : DOHC (Double Overhead Camshaft)

  • Tahun Pembuatan        : 1998

Oh ya, bahan bakar yang digunakan adalah premium hehe..


Timor DOHC 1998
Adapun metode yang saya gunakan sama dengan metode yang digunakan untuk menghitung konsumsi Yamaha Mio GT YM JET-FI dan Honda Beat PGM FI kemarin, yaitu:

  1. Bahan bakar saya isi full, lalu trip meter diset pada angka 0 (nol/mulai perjalanan).
    Tripmeter diset 0

  2. Lalu mobil dipakai ke Bandung pp

  3. Bahan bakar saya isi full lagi, lalu dilihat jarak yang ditempuh di tripmeter dan jumlah liter pengisian bahan bakar

  4. Jarak tempuh dibagi liter pengisian bahan bakar, itulah konsumsi bahan bakarnya.

Nah setelah dipakai Bekasi Bandung PP, diperolehlah data sebagai berikut:

  1. Jarak tempuh : 294 km

    Jarak tempuh = 294 km

  2. Liter bahan bakar : 24.06 liter

    Liter Bahan Bakar (agak kurang jelas dari SPBU nya)

  3. Jadi konsumsi bahan bakarnya adalah = 294/24.06 = 12.22 km/liter

Bagaimana menurut agan sekalian, 12.22 km/liter untuk mobil Timor DOHC 1998 termasuk irit atau boros atau sedang-sedang saja? Penilaian saya serahkan ke masing-masing deh.. karena standar orang kadang berbeda-beda.. O ya, mungkin nilai konsumsi BBM ini juga berbeda dengan yang disebut di website lain, itu wajar sebab metode pengujian yang berbeda akan memperoleh hasil yang berbeda pula.

Demikian sekilas laporan tentang konsumsi bahan bakar mobil Timor DOHC 1998, semoga bisa bermanfaat bagi anda sekalian..

Comments

  1. Salam kenal,
    saya mo tanya, klo tangki BBM mobil timor DOHC tahun 1997 berapa liter isi maksimalnya..?
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Edy Reze.

    ReplyDelete
  2. saya pengen bgt ngitung konsumsi bbm timor, soalnya saya mobil timor saya boros.....jadi sharingnya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. […] kemarin saya menghitung konsumsi BBM Timor untuk campuran dalam kota dan luar kota, yaitu perjalana Bekasi-Bandung plus muter-muter di kota […]

    ReplyDelete
  4. Maap, yang ingin saya tanyakan adalah 12km/liter itu pake AC atau tidak Mas...???
    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    Edy R. Raganata

    ReplyDelete
  5. kemarin saya baru test drive semarang kebumen,dengan jarak 180 km cuma ngabisin bensin 11,6 liter jadi 1;15 timor dohc thn 97....lumayan irit kan...

    ReplyDelete
  6. Perhitungan sederhananya memang demikian, namun terkadang bila dilakukan dengan metode yang sama dan jarak yang sama bisa jadi hasilnya akan beda, kenapa ? karena ada bbr faktor yg juga mempengaruhi konsumsi bbm diantaranya : pola mengemudi, pemakaian AC, beban muatan, kemacetan, kondisi kanvas rem/kompling hingga cuaca juga bisa berpengaruh dll.

    ReplyDelete
  7. Agan2, ane pake Timor DOHC 2001. Selama ini serius, dalam kota perjalanan jam2 kerja/pulang Cakung - Gambir (35KM PP) sehari bisa 5-6 literan atau = 7-6 KPL. ane coba benerin cara nyetir mentok2 1:9. tapi luar kota dengan mendisiplinkan jempol kaki bisa dapet 1:14

    ReplyDelete
  8. Siip Om, makasih sharingnya. Semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung..

    ReplyDelete
  9. Misi min klo punya saya tehitung boros sebab untuk jarak 60km menghabiskan 7,7 liter berarti konsumsi bbm'a 1:7,7 itupun tanpa ac dan audio..gaya mengemudi santai aja..kira2 dari mana pengaruhnya, apa bisa di setting biar bisa lebih irit lagi?

    ReplyDelete
  10. Ada banyak faktor sih om, di antaranya yang telah Om sebutkan ditambah kondisi jalanan (macet/lancar, rusak/bagus) juga settingan mesin. Untuk kondisi jalanan yang macet memang akan membuat boros konsumsi BBM. Settingan mesin bisa aja dibikin irit Om, tapi biasanya akan pengaruh ke tarikan yang kurang responsif. CMIIW

    ReplyDelete
  11. memang metode yang paling mendekati kebenaran adalah metode full to full seperti paparan di atas, akan tetapi yg penting juga usahakan isi bensin di pom bensin yg sama dan terpercaya akar akurasinya lbh baik, bikannya apa2 sih ..kadang isi bensin di pom satu dan pom lain takarannya beda :(( ...

    ReplyDelete
  12. Bisa juga..tetapi kalau sudah sertifikasi ISO 9001, dimanapun SPBU nya, seharusnya prosesnya sama..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menghitung Konsumsi BBM Mobil Daihatsu Taruna

Obyek Wisata Giri Tirta Kahuripan Purwakarta