Menghitung Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Mio GT Fuel Injection


Jika anda ingin membeli motor, maka salah satu faktor yang biasanya sering menjadi pertimbangan adalah konsumsi bahan bakar motor tersebut. Motor yang konsumsi bahan bakarnya irit cenderung lebih laris dan disukai, itu wajar, sebab akan menghemat biaya operasional nantinya.

Nah berkaitan dengan hal itu, di sini saya ingin menghitung konsumsi motor yang saya gunakan sehari-hari, yaitu Yamaha Mio GT YM JET-FI. Hitungan konsumsi bahan bakar ini bukan atas pesanan siapapun, murni dari keinginan saya sendiri, yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada para pembaca yang budiman (hehe) tentang konsumsi bahan bakar Mio GT.




Yamaha Mio GT YM JET-FI

YM JET FI
Oh ya, sekedar informasi, Mio GT yang saya gunakan adalah keluaran bulan Agustus 2013, dan sudah fuel injection, semua settingan masih settingan pabrik/belum ada perubahan, kapasitas silinder 113 cc (sesuai di STNK) dan bahan bakar yang digunakan adalah Pertamax gan....

Adapun metode yang saya gunakan adalah:
  1. Bahan bakar saya isi full, lalu saya catat odometernya.

  2. Lalu motor dipakai sesuai kebutuhan (untuk kerja, jalan-jalan sama istri dan anak, dll). Otomatis bahan bakar di tanki akan berkurang

  3. Bahan bakar saya isi full lagi, saya catat odometer dan jumlah liter pengisian bahan bakar

  4. Selisih odometer (pengisian kedua dikurangi pengisian pertama) dibagi dengan jumlah liter bahan bakar pada pengisian kedua, itulah konsumsi bahan bakarnya.

 Untuk lebih jelasnya langsung saja ke kondisi realnya:
  1. Bahan bakar saya isi full, lalu saya catat odometernya, yaitu di angka105,1 km

    Odometer Pengisian Pertama

  2. Motor dipakai untuk keperluan sehari hari seperti kerja, jalan-jalan sama istri dan anak, dll dengan medan jalan yang bermacam-macam pula, ada jalan aspal, jalan beton/cor bahkan jalan rusak, baik dengan kondisi jalan lancar maupun macet. Mungkin anda tahu daerah sekitar Pondok Ungu Permai Bekasi, disekitar itu lah. Kalau kerja dari PUP ke Taruma Jaya Bekasi (dekat laut Jawa), sekitar 30 km pp.

  3. Bahan bakar saya isi full lagi, saya catat odometer dan jumlah liter pengisian bahan bakar. Odometer pada posisi 240.8 km dan pengisian sampai full butuh 3,1 liter pertamax.

    Odometer Pengisian Kedua

    Jumlah Liter Pengisian BBM

  4. Jadi konsumsi bahan bakarnya adalah = (240,8-105,1)km/3,1 liter = 43,774 km/liter

Bagaimana menurut agan sekalian, 43,774 km/liter untuk motor matic termasuk irit atau boros atau sedang-sedang saja? Penilaian saya serahkan ke masing-masing deh..karena standar orang kadang berbeda-beda.. O ya, mungkin nilai konsumsi BBM ini juga berbeda dengan yang disebut di website lain, itu wajar sebab metode pengujian yang berbeda akan memperoleh hasil yang berbeda pula. Pengujian yang saya lakukan adalah pengujian apa adanya, maksudnya motor dipakai untuk keperluan sehari-hari dan tidak ada treatment khusus.

Demikian sekilas laporan tentang konsumsi bahan bakar Yamaha Mio GT YM JET-FI, semoga bisa bermanfaat bagi anda sekalian..

Comments

  1. […] posting sebelumnya, telah dibahas perhitungan konsumsi bahan bakar Yamaha Mio GT YM JET-FI. Nah kali ini saya ingin menghitung konsumsi bahan bakar Honda Beat PGM […]

    ReplyDelete
  2. […] metode yang saya gunakan sama dengan metode yang digunakan untuk menghitung konsumsi Yamaha Mio GT YM JET-FI dan Honda Beat PGM FI kemarin, […]

    ReplyDelete
  3. Masih irit beat saya mas, cuma saya tidak catat rapi seperti agan, tapi caranya persis. hitung punya hitung beat F1 yang saya beli bulan januari untuk perjalanan dalam kota kira2 tembus 55km/liter dan luar kota ( salatiga yogyakarta tembus 60km/liter

    ReplyDelete
  4. Oh bagus kalo gitu mas, soalnya beat saya cuma 39 km/liter, keluaran Feb 2013, padahal sudah injeksi juga. Disini mas http://www.nastopo.com/2013/09/29/menghitung-konsumsi-bahan-bakar-honda-beat-pgm-fi/
    Btw terima kasih sudah berkunjung..

    ReplyDelete
  5. makasih infonya mas. awalnya sy juga tes xeon 2013 inj dlm kota cara hampir sama masuk di kisaran 1:44 padahal secara cc 125 kirain beat irit ternyata baca post anda ga jauh beda...

    ReplyDelete
  6. Sama sama mas, terima kasih sudah berkunjung..

    ReplyDelete
  7. sekedar saran, untuk menghindari ketidakakuratan, isi fullnya di rumah dg posisi mainstand di lantai rata. setelah terpakai isi lagi masih di rumah (lokasi sama) dg teko ukur. hehe. .

    ReplyDelete
  8. Terima kasih sarannya mas, mungkin lain kali pakai cara yang disarankan. Kalo yang kemarin ngisi full nya di pom bensin terdekat. hehe..

    ReplyDelete
  9. untuk bahan bakar mio gt,

    bisakah diisi dengan pertamax plus?

    ReplyDelete
  10. Mio GT nya sudah fuel injection kan? Kalau saya sendiri belum pernah menggunakan pertamax plus. Kalau dilihat dari nilai oktannya, Pertamax 92 sedangkan Pertamax Plus itu 95. Logikanya, seharusnya performa mesin akan lebih bagus dengan pertamax plus.

    ReplyDelete
  11. wah.. Ini nih postingan2 yg sy cari2 perbandingan netral bukan spt blog para fanatiker2 somplak sebelah. Menurut sy sdh cukup bahkan sangat akurat. Benar2 kehidupan sehari2 (kecepatan rendah tak beraturan kisaran 40km/jam) yg lg sy butuhkan buat referensi bli motor. klo ada yg bilang punya sy bs smp 50-70km/l wkt sy ukur jkt-kampung (saat mudik) jelas aja krn memang pd kecepatan tinggi lbh irit begitulah semua mesin FI. Hal lain yg lg sy cari adalah perbandingan kemudahan perawatan, kekuatan onderdil, kebandelan, rewel, dan keluhan setelah pemakaian beberapa waktu. Sy tunggu postingannya Boss..
    Terima kasih bos, sukses untuk anda.

    ReplyDelete
  12. Thanks boss..:D Semoga bisa bermanfaat..

    ReplyDelete
  13. brarti sama dengan punyaku jg mas blm jg baru ngetes konsumsi BB mio gt hasilnya jg hampir sama punyae njenengan...

    ReplyDelete
  14. Oh ya? Mungkin karena kondisi pengetesan hampir sama kali ya..?

    ReplyDelete
  15. Memang mantap mio gt

    ReplyDelete
  16. mantab mas infonya,,ini yg saya cari2,,ngomong2 klo di isi premium tuh bisa gak ya?dites maksudnya? :v

    ReplyDelete
  17. bisa aja mas, tapi mungkin performanya turun sedikit..

    ReplyDelete
  18. Seneng sekali ada Cara pengetesan seperti ini,jd sekarang sy dah yakin kl motor sy (mio gt)jg irit bahkan lbh irit di bandingkan produk motor yg sudah punya titel motor irit.
    Thanks infonya.

    ReplyDelete
  19. Siip mas, semoga puas dengan performa motornya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menghitung Konsumsi Bahan Bakar Mobil Timor DOHC 1998

Menghitung Konsumsi BBM Mobil Daihatsu Taruna

Obyek Wisata Giri Tirta Kahuripan Purwakarta