Menghitung Konsumsi BBM Mobil Timor untuk Luar Kota

Setelah kemarin saya menghitung konsumsi BBM Timor untuk campuran dalam kota dan luar kota, yaitu perjalanan Bekasi-Bandung plus muter-muter di kota Bandung nya, maka kali ini saya ingin menghitung konsumsi BBM mobil Timor untuk murni luar kota. Kali ini adalah untuk perjalanan mudik dari Bekasi ke Jogja lewat jalur selatan.

Mobil yang saya gunakan adalah Timor, keluaran tahun 1998, fuel injection, DOHC, isi silinder 1498 cc. BBM yang saya gunakan tentu saja..ehm… premium..hehe

Metode yang digunakan adalah full to full, seperti metode menghitung konsumsi BBM yang saya gunakan waktu ke Bandung kemarin. Tanpa panjang lebar, berikut detail dari perhitungannya:
    1. Lakukan pengisian BBM sampai full, lalu set tripmeter pada posisi 0 (nol). Ini dilakukan saat berangkat, yaitu di POM bensin terdekat rumah di daerah Kaliabang, Bekasi.
    1. Pengisian Awal
    2. Setelah bensin hampir habis, saya isi kembali tanki sampai full. Didapatkan, bahwa perlu 25,83 liter premium untuk sampai full tank lagi. Dan jarak yang ditempuh adalah 402, 5 km. Pengisian ini di daerah Tambak, Banyumas, perbatasan sebelum masuk Kabupaten Kebumen.
    Jarak yang ditempuh

    Liter BBM yang dibutuhkan
    Jadi, konsumsi BBM nya adalah 402,5/25,83 = 15,58 km/liter. Cukup hemat bila dibanding dengan konsumsi BBM waktu ke Bandung kemarin (ya iyalah…), waktu ke Bandung kemarin cuma dapat 12,39 km/liter. Dan anda juga bisa membandingkan dengan konsumsi BBM mobil merk lain, yang informasinya banyak tersebar di jagad internet.

    Demikian sharing kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian yang budiman..

    Comments

    Popular posts from this blog

    Menghitung Konsumsi Bahan Bakar Mobil Timor DOHC 1998

    Menghitung Konsumsi BBM Mobil Daihatsu Taruna

    Obyek Wisata Giri Tirta Kahuripan Purwakarta