Pengalaman Membuat Paspor Online di Kanim Kelas 3 Bekasi



Paspor adalah salah satu syarat yang wajib dipenuhi jika anda ingin pergi ke luar negeri. Nah jika anda berdomisili di Bekasi dan ingin membuat paspor, anda tidak perlu jauh-jauh ke Kantor Imigrasi (Kanim) Jakarta, karena di Bekasi anda pun bisa mengurus pembuatan paspor. Dan jika anda mempunyai akses internet, lebih baik menggunakan layanan paspor online, sebab lebih cepat dan lebih simpel daripada cara manual.



Sebelum mendaftar via online di web imigrasi (www.imigrasi.go.id), anda hendaknya mempunyai softcopy dari identitas anda dalam format jpg, minimal 3 macam. Itu nanti akan diupload saat melakukan pendaftaran online. Kalau saya kemarin, dokumen yang saya upload adalah KTP, KK dan surat nikah. Jika sudah punya, silakan daftar paspor di web imigrasi. Masukkan data yang diminta dengan sebenarnya. Lalu di akhir nanti akan ditanya, dimana akan mengurus paspornya, pilih kantor imigrasi kelas 3 Bekasi. Lalu akan diminta menentukan tanggal pembuatan paspornya, biasanya paling cepat seminggu dari hari pendaftaran online. Setelah selesai, anda akan dikirimi email bukti pendaftaran dan lembar untuk melakukan pembayaran biaya di bank. Sebaiknya lakukan pembayaran sebelum hari H di BNI terdekat, biayanya Rp 260.000 sudah termasuk biaya administrasi bank. Lalu simpanlah bukti pembayaran tersebut, akan digunakan saat verifikasi berkas di kanim nantinya


Nah ini pengalaman hari H saya. Datang jam 8 lebih 15 menit, sudah banyak orang di kantor imigrasi, kantornya sendiri buka mulai jam 8.00. Langsung menuju tempat mengambil nomor antrian paspor online, di depan pintu, diberi formulir pendaftaran untuk diisi dan ditandatangani di atas materai Rp 6000, setelah diserahkan kembali baru diberi nomor antrian, dapat nomor 1117.

Artinya antrian ke 17 untuk pembuat paspor online. Setelah satu jam menunggu, akhirnya dipanggil untuk verifikasi berkas di loket 1. Diminta untuk menyerahkan fotokopi berkas yang diupload dan menunjukkan aslinya. Setelah selesai, dipersilakan untuk mengambil nomor antrian lagi untuk ke loket 2. Di loket 2 ini sebenarnya cuma verfikasi pembayaran, nanti di kuitansi pembayaran distempel “Lunas”.

Setelah itu antri lagi untuk foto dan wawancara di loket 3, menggunakan nomor antrian yang di loket 2 tadi. Ini yang agak lama, soalnya antriannya digabung antara yang daftar online dan daftar manual. Kira-kira jam setengah 12, dipanggil ke loket 3 untuk sesi foto model dan wawancara. Kira-kira 5 menit lah di situ, sudah selesai. Ditanyai tentang alasan membuat paspor, dan petugas juga mengecek kebenaran dokumen dengan menanyai data yang ada di dokumen itu, misal nama ayah siapa, alamatnya mana, nikahnya tahun berapa, hehe. Selesai.

Buku paspor jadi dalam 3 hari kerja. Jadi jika anda mengurusnya hari senin, maka paspor bisa diambil pada hari kamis di pekan yang sama. Pengambilan paspor mulai jam 13.30 sd 15.30 di loket 1.

Demikian pengalaman saya membuat paspor di Kanim kelas 3 Bekasi, semoga bermanfaat.

Suasana antrian

Harap tertib, semua kebagian :)

Comments

  1. Mohon bantuan info utk proses paspor di Bekasi?

    ReplyDelete
  2. Informasi di atas kayaknya sudah cukup jelas menggambarkan alur proses pembuatan paspor di kanim kelas 3 bekasi mas..

    ReplyDelete
  3. dear author,,
    saat ini kanim bekasi sudah bisa untuk pengajuan e-paspor belum ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menghitung Konsumsi Bahan Bakar Mobil Timor DOHC 1998

Menghitung Konsumsi BBM Mobil Daihatsu Taruna

Obyek Wisata Giri Tirta Kahuripan Purwakarta